Selasa, 30 Oktober 2012

The ‘colporteur’ was Forgotten Treasure


Sekarang, sudah banyak jajanan pasar atau jajanan waktu kita kecil yang sudah jarang dijual di pasaran atau jalanan. Padahal sayang banget kalau jajanan itu menurutku enak-enak dan murah-murah. Nah, di sini ada 5 peringkat tentang jajanan pasar yang sudah langka..

1.       # Arum Manis
Makanan sejenis gula kapas ini sudah jarang ditemukan. Biasanya dulu, banyak para penjual yang berkeliling di dekat rumah. Menurutku, arum manis itu lebih enak dari gula kapas, soalnya waktu makan arum manis kayak ada sensasinya gimana gitu. Kalau sudah ada bunyi ngek..ngek biasanya itu penjual arum manis..





1.       # Kue Rangin
Kue yang satu ini terbuat dari tepung kanji atau sagu dan campuran kelapa parut dan di panggang seperti kue pukis. Dulu, kue rangi hanya disajikan biasa saja.Tetapi sekarang ada juga yang menambah topping seperti kelapa parut dan meises. Biasanya pedagang kue rangi ini berjualan di depan pasar atau mall, seperti Matahari Departemen Store di Jember. Jajanan ini paling enak dimakan waktu masih anget-anget.




1.       # Cenil
Biasanya orang-orang jawa nyebut makanan ini ‘cenil’. Ciri khas dari jajanan ini yaitu teksturnya yang kenyal-kenyal dan berwarna merah muda dan hijau. Terkadang jajanan ini biasanya disajikan bersama kue lupis.








1.       # Lupis
Jajanan yang satu ini hampir mirip kayak lontong. Bedanya, kalau lupis ada kelapanya. Biasanya kalau beli jajanan yang satu ini di atasnya di beri saus gula merah yang kental.








1.       # Gulali
Semua orang pasti kenal dengan jajanan yang satu ini. Jajanan dari bahan baku gula ini sanagt terkenal dikalangan anak-anak. Apalagi warna-warni yang berpadu dalam setangkai gulali. Dan juga macam varian rasa yang ditawarkan abang penjual gulali. Sensasi khas kalau sudah makan gulali, pasti nempel digigi dan susah hilang. Biasanya dijual di depan sekolah-sekolah.           











Tidak ada komentar:

Posting Komentar