Minggu, 28 Oktober 2012

Cari Tahu Tentang Halloween Yuk !

Jack O' Lantern salah satu ciri khas dari festival Halloween


Hey guys ! kalian tahu gak tanggal 31 hari apa ? *gak tau*. Ha ha oke, jadi di tanggal 31 Oktober itu adalah hari Halloween *oh ya *. Halloween sudah cukup dikenal banyak masyarakat Indonesia meskipun kita orang Indonesia tidak pernah merayakan festival ini. Diluar negeri, festival Halloween sudah cukup dikenal atau bahkan terkenal. Negara negara yang merayakan festival ini contohnya Australia, USA, Inggris, dan masih banyak lagi. Penasaran dengan festival Halloween ? Mau tahu gak tentang Halloween ? *mau mau*. Ok then, lets the journey begin !


Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween ini identik dengan kostum-kostum seram, anak-anak kecil,  hantu hantu seram, labu labu yang diukir, dan masih banyak lagi.

Halloween itu sendiri berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panendalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut "Tahun Baru Kelt". Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka. 

Halloween merupakan kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day). Huruf "n" di akhir kataHalloween berasal dari kata even. Pada zaman dulu, tanggal 1 November dipakai sebagai hari festival keagaamaan di berbagai tradisi paganisme Eropa hingga Paus Gregorius III dan Paus Gregorius IV memindahkan perayaan All Saints' Day menurut kalender santodari tanggal 13 Mei ke tanggal 1 November. Tanggal 13 Mei dulunya dirayakan sebagai hari raya paganisme untuk festival Lemuria.

kostum halloween di Sweden

Halloween itu identik dengan labu yang diukir agar berbentuk menyeramkan, yang dinamakan Jack O' Lantern. 
Biasanya didalam labu labu tersebut dilentakan sebuah lampu atau lilin agar terlihat lebih menyeramkan saat malam hari. Di Amerika labu labu ini banyak diletakan di depan pintu pintu rumah mereka. Tradisi ini berasal adri wilaya Amerika Utara, karena disana tempat yang menghasilkan labu berukuran besar. 

salah satu contoh dari labu yang diukir

Ada juga nih sobat tradisi dari festival Halloween itu sendiri, yaitu Trick or Treat. Kata ini banyak digunakan oleh anak-anak kecil dari rumah kerumah untuk meminta permen. Trick or Treat itu aadlah istilah yang kira kira artinya adalah "berikan aku permen atau aku jahili". Kadang kadang banyak orang orang yang tidak ingin memberikan permen, dan mereka pun mejadi sasaran kejahilan anak anak kecil ini. 

kostum anak kecil yang bertemakan salah satu tokoh dari film Saw 

Yang tidak kalah uniknya lagi, salah satu ciri khas dari Halloween adalah kostum kostum seram yang biasanya untuk menakut nakuti orang orang. Tema yang diambil untuk kostum pada festival Halloween cukup beragam, terkadang ada yang mengabil tema seram, lucu, atau trend masa kini. Tetapi kebanyak orang mengambil tema hantu, kematian, horor, zombi, dan hal hal yang berhubungan dengan kata seram. 

Banyak permainan yang diselenggarakan oleh masyarakat yaitu permainan mengambil apel. Mengambil apel dengan mulut merupakan permainan yang lucu bagi anak anak pada saat pesta Halloween. Anak berusaha mengigit apel yang mengapung dioanci besar berisi air. Tangan tidak boleh digunakan, maka wajah setiap anak akan basah kuyup. 

Permen apel salah satu produk yang dijual saat Halloween

Yang tidak kalah pentingnya, dari festival Halloween ini banyak pedagang yang sangat senang. Mereka membuat sebuah ide yang bertemakan halloween seperti kuliner masakan berbau Halloween dan buah tangan dan masih banyak lagi.

Menarik bukan ? *yaa*. Halloween itu sangat menyenangkan. Meskipun diIndonesia tidak merayakannya tapi banyak masyarakat Indonesia tertarik dengan budaya tersebut. Nah itu sekian dari saya terima kasih, tunggu Ulasan ulasan menarik dari saya lain kali ya ~ !! *ya kakak* ^_^



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Halloween ; http://en.wikipedia.org/wiki/Halloween ; Buku Widya Pertama Anak-Anak Edisi Mengenal Masyarakat ;








Tidak ada komentar:

Posting Komentar