Selasa, 30 Oktober 2012

TEXAS on Scrapbook


Pernah mendengar atau melihat “scrapbook”? Apa gunanya dan bagaimana cara membuatnya? “Scrapbook” adalah sebuah proses pengumpulan dan pengklipingan foto-foto di dalam sebuah buku/album yang biasanya ditambahkan beberapa aksesoris (istilahnya: embellishment) agar terlihat lebih menarik.


Terdapat dua jenis scrapbook, yaitu manual dan digital scrapbook. Manual scrapbook adalah cara membuat scrapbook secara konvensional yang bahan-bahannya terbuat dari kertas, aksesoris, dan bahan lainnya yang bisa didapat di toko-toko craft atau beberapa toko buku. Jenis kedua adalah digital scrapbook yang bisa dibuat dengan menggunakan softwaresoftware  komputer khusus untuk edit gambar seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.

Nah, yang mau aku bahas adalah scrapbook jenis pertama, manual.
So guys, karena isinya tentang suatu momen, tujuan bikin scrapbook ini tentunya sebagai memorabilia yang akan mengingatkan kita terhadap kejadian-kejadian pribadi yang seru. 
Okay, here we goes. How to make a scrapbook :
    1.  First step, siapkan tema. Misal untuk sahabat, maka temanya friendship, kalau buat kado ulang tahun, maka temanya ulang tahun.                                                    
     2. Second, jika tema sudah terpilih, maka siapkan foto-foto yang diperlukan.

Contoh foto yang akan ditempel di scrapbook :
psst.. ini foto texas pas iku kriya kemarin :D







    3. Then, cari scrapbook paper yang unik dan lucu. Bisa searching di internet dan di print sendiri, atau beli kertas bermotif di toko buku terdekat. Scrapbook paper ini gunanya untuk background foto dan pernak-pernik yang kita campurkan dan tempel. Biar lebih bagus, pilih scrapbook yang klik dengan tema . (Note : print atau gunting scrapbook paper sesuai ukuran frame atau album yang akan dipakai).

Contoh scrapbook paper:


     4. Ini dia bagian yang penting, kalau itu semua sudah siap langsung saja kumpulkan pernak-pernik (bisa berupa pita, kancing, benang dll), tulisan, gambar-gambar potongan dari majalah, sticker, puisi, catetan, lirik lagu dan benda apa aja yang kamu suka (?). Jangan lupa benda-bendanya juga harus klik dengan tema. (Note : huruf-huruf untuk membentuk tulisan bisa di print, berupa sticker, atau pun diambil dari majalah bekas, huruf dari majalah bekas tidak kalah bagus kok. Gabungan huruf-huruf beda warna dan font yg berantakan akan terlihat bagus ).

Contohnya :


Untuk kado ulang tahun kamu bisa kasih gambar-gambar kado, wishes, kue ulang tahun, dll.

5. Siapkan alat-alatnya seperti; cutter, lem kertas, doubletape (yang ada busanya, biar tulisan nya keliatan 3D, bias didapat di toko kerajinan tangan atau toko buku), dan bahan lainnya yg di perlukan .


      









        6. Sekarang, tempel foto menggunakan lem kertas di atas scrapbook paper sesuai keinginan, mau di buat miring, lurus atau bagaimana pun terserah.


   7. Last, tempel semua assesoris dan benda-benda yang tersedia. Benda-benda seperti kancing bisa ditempel menggunakan lem kertas atau lem kayu. Untuk tulisan gambar, gunakan double tape busa agar terkesan 3D. (Note : untuk mengantisipasi kesalahan, tata terlebih dahulu scrapbook. Jika benar-benar yakin baru kemudian dilem). Dan selembar scrapbook pun selesai! 



 8. Jika ingin membuat album tinggal ulangi step-step di atas dengan foto & hiasan berbeda sampai terkumpul lembaran-lembaran scrapbook, kemudian dijilid atau dikliping, ataupun dimasukkan ke dalam  album. Untuk praktisnya, tinggal beli frame yang pas dengan fotonya, kalau bisa pakai frame khusus untuk scrapbook, bisa di beli di toko scrapbook.

Nah, sudah siap membuat scrapbook?  Bebaskan kreativitas dan imajinasimu untuk membuat scrapbook yang berkesan! Jangan lupa pamerkan scrapbook bikinanmu misalnya sebagai ilustrasi tulisan-tulisan di blogmu. Jangan lupa bikin Scrapbook TEXAS yah??? Good luck! ^^






Edited by Hanindya Ilhami Mirrobby








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar