Minggu, 28 Oktober 2012

Sistem Pendidikan di Korea Ternyata HOROR!!

Anyeonghaseyo :)
Sesuai judul postingan di atas, Vinda mau berbagi sedikit pengalaman informasi mengenai sistem pendidikan di Korea Selatan. Ga bosen khan, aku bahas Korea terus? xD
Simak baik2 ya, terutama buat kalian yang pengen sekolah di Korea :)


1. Bagaimana sih sistem pendidikan di Korea itu?

Sistem pendidikan di Korea mirip dengan di Indonesia, yaitu 6 tahun pendidikan dasar (SD), 3 tahun pendidikan menengah awa (SMP)l, 3 tahun menengah atas (SMA), baru kemudian pendidikan tinggi (Univ). Usia untuk sekolah dasar pun sama dengan di negara kita yaitu dari mulai usia sekitar 6 tahun, dan untuk tingkat pendidikan seterusnya pun tak jauh berbeda.

2. Jenis SMA di Korea ?

Sekolah menengah atas di korea biasanya dibagi menjadi dua jenis, sekolah umum dan kejuruan. Ada juga beberapa sekolah yang disebut sekolah komprehensif, yaitu sekolah umum dan kejuruan digabung. Sekolah-sekolah khusus pun ada, misalnya sekolah menengah khusus seni, olahraga, ilmu pengetahuan, dll.

3. Bagaimana kehidupan sekolah di Korea?

  • Anak berumur 13 dan 14 tahun bersekolah hingga pukul 17.00
  • Anak usia 15 tahun bersekolah hingga pukul 19.00
  • Anak usia16-18tahun bersekolah dari pukul 07.00-22.00 (Apa-apaan ini!!!!!!! )
4. Apakah ada BimBel di Korea Selatan?
Kalo kamu pelajar KorSel dan NGGAK IKUT BIMBEL = ANEH!! Para pelajar juga harus mengikuti Hagwon (bimbingan belajar) yang dimulai sepulang sekolah! Jadi untuk murid SMA harus pulang ke rumah sekitar tengah malam. Ini jadwal bimbel di KorSel:

Hal pertama yang kalian baca pasti waktunya, dan jika kalo kamu kira itu pagi hari (AM), SALAH BESAR.
Detail dari waktunya adalah :
  • Anak berumur 13 dan 14 tahun mulai kelas pada pukul 5:50, mengambil dua kelas 60 menit dan satu 70 menit dan pulang ke rumah jam 9:30. Sesampai di rumah, mereka masih harus mengerjakan PR dari sekolah dan dari bimbel.
  • Anak usia 15 tahun mulai pada pukul 7:06, mengambil satu kelas 60 menit dan dua 70 menit, selesai pada pukul 10:55 and getting a hell lot of homework to do.
  • 16 year-olds, 17 year-olds, 18 year-olds, now at high school, start at 9:45pm, have two 70 minute classes and finish at 12:20am, then have even more homework to do.
  • Dan ada kelas Sabtu, dan ini dilakukan walaupun beberapa sekolah memberlakukan setengah hari masuk untuk siswa. So basically there’s no Saturday break. And for education hungry mothers, they will send them to Sunday school as well.

Buat kamu yang pernah nonton Korean Drama Playfull Kiss pasti tau banget dong perjuangan Oh Hani kaya apa buat belajar??
Tapi karena itu cuma DRAMA,jadi ceritanya sedikit diberi bumbu penyedap… Oh Hani belajar ditemani pangeran tampan nan cerdas, Baek Seung Jo.. Kalo di kehidupan pelajar aslinya, hilangkan saja tokoh Baek Seung Jo! heheheh T_T

5. Bagaimana tes masuk Universitas di Korea Selatan?
Tes untuk masuk universitas sangatlah penting karena menentukan masa depan siswa tersebut. Saking pentingnya, ketika masa-masa mendekati ujian perkantoran buka jam 10 pagi untuk mengakomodasi para orang tua yang menemani anaknya belajar hingga malam. Pada sore harinya, tempat-tempat rekreasi seperti klub tenis juga tutup lebih awal agar siswa dapat belajar di sore harinya.Pada hari ujian, polisi-polisi tak segan untuk membantu mengantar pelajar yang terlambat untuk mengikuti ujian dan adik-adik kelas sengaja datang untuk mendukung dan memberi semangat kakak-kakak kelas mereka yang ikut ujian.

Semangat Oppa ^o^/

Jadi penasaran sama Kpoper asli Korea! Bagaimana cara mereka membagi waktu fangirling ato fanboying dan sekolah???? *okeinigapenting

Sekian informasi yang aku dapet dari kekepoanku tentang sistem pendidikan di Korea :D Ga ada niatan buat nakut-nakutin kalian yang pengen menimbang ilmu di Korea. Info di atas cuma buat nyadarin kalian kita, supaya gak males-malesan belajar di sekolah. Kita seharusnya bersyukur, kita di sekolah cuma sampek jam 13.15, kita masih punya waktu luang yang banyak di rumah. Kita harus manfaatin waktu itu buat belajar. *nasehatinorangitu mudah ^^b

Ehm........... BTW, besok udah Senin lagi ya? T_____T 


Referensi: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar