Senin, 29 Oktober 2012

Cerpen ini, ini cerpen


Erel X Erely
                                                   jangan

                                                    Lady Ayu Budiartie

“Nat,gue! Cepet pasing ke gue!”, hap aku dapat bola basket itu dengan sedikit ancang-ancang aku shoot bola itu dan seketika itu sorak penonton membanggakanku. “Nice shoot”, kata natta mengacungkan jempolnya.
Natta ini sahabat terbaikku, aku kenal dengannya waktu Pra-MOS di sekolah SMA 12 Bakti Bangsa, Natta satu kelas denganku dan saat itu aku menawarkan diri duduk di sampingnya karena bangku itu kosong. Oh iya, aku Erely siswi kelas X SMA 12 Bakti Bangsa. Masih 6 bulan aku berada di sekolah ini, tetapi aku sudah lumayan beradaptasi.
            “Gila! Pemain nomer 8 lawan kita lincah banget,kewalahan gue jaganya”, kata natta sambil sikunya menyiku lenganku. “lo sih mending nomer 8, lah gue?”, protesku. “iya deh iya, gue tau rel”,katanya sambil manyun. “udah deh, ayo pulang, lo yang bawa mobil gue! Gue males!”, gerutu  gue sambil ngelemparin kunci mobil ke natta.
            “Gimana Erely,pertandingan tadi sore?”, Tanya mama sehabis aku mandi. “oke kok ma”, jawabku. “Tadi ada temen kamu yang 2 hari lalu ke sini nanyain kamu”, sambung mama. “Sapa? Reza?, aduh ma aku tuh capek kalau ada Reza tuh nyebelin”. “iya Reza, Erely gak boleh gitu! Reza itu anaknya baik loh,sopan,kayaknya gak aneh-aneh gitu anaknya”, jelas mama. “aduh mama, udah berapa kali Erel bilang sih, Erel gak tertarik sama Reza, Reza itu ya Cuma temen Erel”, sambungku. “iya mama tau, sudah-sudah istirahat dulu besok jangan telat lagi”, perintahnya.
            “07.00 kring..kring..kring”, oceh jam kesayangnku. Oh Tuhan, sudah tidak bisa di hitung berapa kali aku telat masuk sekolah. “Payah, kaakya tadi malem aku reset jam 06.00 kenapa 07.00, ah telat lagi nih”.  Seperti biasa hal yang aku lakuin tiap kali aku tahu kalau aku telat, aku mampir ke warung perempatan jalan sebelum sekolahku. “Bu, biasa satu!”, pintaku sambil menyodorkan uang. “telat lagi ya neng, sering-sering aja telat neng”, kata ibu Warjo. “yeh, ibu sih enak dagangannya laku, lah saya yang susah bu di sekolah”,gerutuku. “ kan Pak Nawi juga enak neng dapet jatah mulu tiap eneng telat”, balesnya. “ya kan kita ber-3 mutualisme  bu”. “apa tuh neng musualis?musuhnya eneng?”
“mutualisme bu! Mu-tu-a-lis-me!”, jelas aku sambil nyabet rokok yang di sodorkan ibu warjo.
            “shuuuutt, Pak Nawi! Sini!”, lambaiku ke arahnya. “ Aduh neng, kapan sih pernah gak telat sekali aja” sahutku sebelum Pak Nawi mengucapkan kata-kata yang sama seperti itu setiap aku telat padahal Pak Nawi sudah menganga siap mengucapkan kata-kata itu tapi sudah lebih dulu aku,pak nawi hanya menggeleng kepala dan membuka gembok gerbang untukku. “Ini pak!”, ku sodorkan rokok seperti biasa agar Pak Nawi tidak mencatat aku terlambat dan tidak memberi hukuman, dan wajah yang sudah biasa aku lihat wajah Pak Nawi tersenyum, kumisnya yang lebat ikut naik ketika dia senyum, pokoknya gelid eh kalau liat Pak Nawi senyum gitu.
            Aku putuskan tidak langsung masuk kelas, aku pergi ke UKS sambil nunggu bel pergantian pelajaran. Aku memilih UKS karena UKS tidak pernah ada yang menjaga. Seperti biasa aku langsung aja masuk UKS tanpa melepas sepatuku, padahal perarturannya sepatu harus dilepas. “uh,ngantuk!”, ucapku sambil merebahkan tubuh. “ehem,ehem!”. “ehem”. Aku langsung membuka mata setelah suara yang terakhir lebih keras. “lo sakit?”, tanyanya. “eh, iya gue gak enak badan”. “dari jam pelajaran pertama?”,tanyanya. “eh,eh iya”. “kenapa gak sekalian gak masuk aja kalau udah tau lo sakit”, tanyanya ketus. “em,anu,em gue hari ini ada ulangan jadi rugi gak ikut”, alesanku.
“tet.tet”,tanda pergantian pelajaran. “eh, gue balik ke kelas dulu ya”,pamitku. Sampainya di pintu UKS “hey, tas lo tuh ketinggalan”. “oh iya makasi. Duluan ya”.
            “tet..tet..tet”, tanda bel pulang sekolah. “Erel!,gue nebeng lo ya” pinta natta.
            “eh,rel gimana tadi cerita lo yang ketemu cowok di UKS”. “taut uh cowok ketus banget, nanyak mulu sarapan cerutu kali dia”. “hahaha, kelas berapa dia/” . “gue gak tau lah,emang penting”. “em rel, bukannya tiap pagi gak perna ada orang di UKS kalau ada paling-paling ya elon si Ratu Ngaret”,ledeknya. “sialan lo gue turunin sini lo!” “hahaha, wah lo tega lo”.”jangan nangis gtu nat! iya-iya gue anterin lo pulang. Cup-cup!” . “sialan lo rel,gue gak nangis”. Yah begini tiap kali aku bersama natta, seru-seruan terus.
             Hari ini seperti biasa yang aku lakuin sama kayak kemaren. “ehem, sakit lagi?”, Tanya cowok kemaren. “elo lagi? Iya gue sakit” . “sekarang sakit apa lagi?”,tanyanya dengan nada menyindir. “em, anu, sakit kepala gue, pusing banget”. “oh, sakit kepala ya?”. “iya nih sakit”. “sakit kepala kok yang di pegang dari tadi perut?”. “oh, em maksud gue kompilasi kepala sama perut”. “oh gitu, gue tinggal dulu ya”
            “bang,bakso kayak biasanya 2!”,pinta natta. “rel, lo sama gue di minta sama guru olahraga bantu tim futsal sekolah buat ikut turnamen minggu depan!”. “minggu depan? Gila lo! Kita kan gak tau apa-apa masalah futsal”. “yah mana gue tau rel, gimana ngikut gak?”. “liat aja deh pas latian pertama, kapan latianya?”. “ntar sore”.
            “nat, tuh cowok yang mesti kletemu gue di UKS”.”yang mana? Baju ijo?”.”baju ijo mah gue taut uh Bejo! Tuh tuh yang lagi jalan pake baju merah!”. “yang merah? Yang bener lo rel? itu kan Ketum futsal kita sekarang! Dia yang bakal ngelatih kita sekarang!”. “serius lo nat?”. “iyah”.
            “sebelum latian di mulai mari kita berdoa”,perintahnya. “sebelumnya saya kenalkan diri saya kepada adik-adik kelas saya yang baru mengikuti latihan, saya Dimas kelas XII ipa 3,saya yang akan melatih kalian untuk mengikiuti turnamen”. “em lo yang tadi di UKS kan? udah sembuh?”. “iya kak”.
            Latian yang gak asik bagi aku. Dimas? Siapa dia? Kok aku baru tau di sini ada ketum namanya Dimas. Padahal kalau ada rapat Ketum olahraga aku selalu hadir jadi Ketum basket tapi gak pernah ketemu Dimas tuh. Aduh udah deh tidur aja.
            Hari ini minggu, aku udah kebangun  gara-gara hapeku bunyi telepon dari Reza.
“apa Rez? Lo gak tau gue lagi molor apa?”. “bangun erely!,aku udah di depan kamar kamu ayo jogging!”.”lo panggil nama gue erely lagi,gue gibing lo! Geli gue dengernya!”
            “ngapain sih lo?” ,buka pintu kamar. “ayo kita jogging erely!”. “buuuuk”, aku timpuk mukanya pake guling. “aduh!apa sih rel”. “gue kan uda bilang jangan panggil gue erely! Panggil erel”. “iya deh erel, gue tunggu bawah ya”. “awas lo!”.
            “rel lo temenannya ama sapa?”.”maksud lo?”.”ya lo gak aneh-aneh kan?”.”aneh-aneh gimana?”’. “ya temenan ma sapa gitu,gerombolan nakutin ato gerombolan anarkis ato…”.”lo agak stress ya abis gue timpuk tadi? Ya gue temenan ma natta yang paling deket. Lo tuh aneh”.”bener? gak deket ma gerombolan anak yang gimana gitu”.”apa-apa.an sih za”.”gak gitu erely gue sering liat lo berangkat sekolah ke warung bu warjo, selama kita kenal dari lo SMP lo gak perna gitu erely,ya meski lo kayak cowok gini tapi lo gak perna nyentuh barang-barang yang kayak gitu selama gue deket sama lo!”.”lo tuh apa si za! Gue kan uda bilang gak usa panggil gue erely gue tu geli kalo orang lain yang panggil gue erely kecuali mama!”.”iya-iya, buat apa lo beli rokok di warung bu warjo?”.”buat satpam gue kan gue suka telat tuh”.”bner?”.”eh.tunggu deh lo kok tau gue sering ke warung? Wah lo ikutin gue ya?  Perhatian nih? Cie.. eza perhatian ni!.”oh eh, em enggak gue kebetulan aja ketemu lo”.”bner nih?”. “rel gue cuma pesen aja ya, lo jangan macem-macem kalo sekolah. Jangan suka telat!”
            “hari ini sakit apa lg?”.”em batuk,pilek nih gue kak”.”Cuma batuk pilek aja perlu ke UKS?”.”iya kak soalnya gak konsen pelajaran”.”tapi kenapa mesti jam pelajaran perama?”.”em  anu, lagi parahy soalnya, kakak kok sering ke sini?”.”ambil obat. Duluan ya”
            “erely!”.”eza! uda berapa kali gue bilang jangan panggil erely!”.
”erely,erely,erely”.”buuuuuk”.”aawww, rel kenapa mesti di timpuk mulu sih?”. “elo sih di bilangin jangan panggil erely kok, mana balikin sandal kayu gue!”. “erely,reza nih makanannya, makan dulu”,kata mama.”tuh kalau tante yang panggil gak di marai giliran aku di marai mulu,malah di timpuk, tuh te erely tu te”.”eza!,gue timpuk lagi lo”. “udah-udah makan dulu”
            “hari ini sakit apa? Oh ya nama lo sapa?”.”gue erel kak”.”sakit apa sekarang?”. “emmm”,sial aku bingung mau jawab apa semua penyakit umum udah aku sebutin kemaren-kemaren.”sakit apa?”.”emmm”.”udah jangan bingung cari alesan, gue tau lo g perna sakit tiap ada di sini, gue tau lo telat masuk sekolah,lo nyogok pak Nawi,lo males kalo masuk jam pelajaran pertama soalnya di tanyain surat terlambat kan?”.”hah?kakak kok tau”.”hahaha,tapi yang gue heran prestasi lo hebat bisa masuk 3 besar, gue duluan jangan lupa ntr latian”
            “nat,gue mulai suka sama kak Dimas nih,gimana?dia kayaknya perhatian gitu”.”wah bahaya nih ratu ngaret jatuh cinta”.”gue serius”.”iya-iya, tapi kak dimasnya ada tanda-tanda suka gak rel”.”gak tau sih”
            “ayo lari! Jangan manja  2 hari lagi kita maen!”.”iya kak”.
            “mau minum?” menyodorkan minuman.”makasih kak”.”gue suka lo kalau lo maen”.”makasih kak”.”lo tuh bisa control bola bagus banget, ngefans gue”.”kakak bisa aja”.”erely kakak beneran gak bohong”, waw di panggil erely oleh kak dimas serasa beda. Rasanya lembut banget pas nyebutin nama erely gak kayak eza tuh.”hey, kok ngelamun? Besok kan minggu jalan yuk”.”hah? jalan?”.”iya kenapa? Gak bisa?”.”bisa kok bisa”.”oke sampai ketemu besok ya”
            “nih ice cream”.”makasi kak”.”besok maennya kudu semangat ya”.”oh iya pasti itu kak”.”aku dukung kamu kok, aku nunggu gol kamu”.”hahaha kakak bisa aja”.”rel aku boleh bilang”.”bilang apa? Bilang aja, emang dijidatku ada larangan kalau dilarang ngmong sama aku ya”.”hahaha, aku suka kamu rel, mau jadi cewekku?”.”……”.”erely? hey kok bengong?”.”eh apa kak?”.”mau gak jadi cewekku?”.”emm he’e”, gila perasaanku seneng baget langsung aja semaleman aku curhat sama natta. Tapi tadi pagi kata mama reza nyariin aku,aku lupa kalau aku juga udah janji mau nonton sama eza.
            06.45. “hai Pak Nawi!”.”loh neng?” pak Nawi cuma bengong ngeliat aku pertama kalinya gak telat masuk sekolah, di deket gerbang kak Dimas udah nungguin aku, setiap hari aku ngerasa seneng, aku sering jalan sore sama kak Dimas karma ruma kita ternyata dekat.dan setiap aku pulang jalan dengan kak Dimas, kata mama Reza maen ke rumah.
            Sekolahku mendapat juara satu lomba Futsal. Dan kak Dimas tiba-tiba mengajakku makan malam tetapi aku sudah janji belajar bareng eza buat ujian semester minggu depan.aku bingung. Aku minta pendapat natta dan dia bilang buat jalan dengan kak Dimas aja. Akhirnya aku jalan dengan kak dimas.
            “makasi ya kak, aku masuk ke rumah dulu”.”rel,aku sayank kamu”. Cup kecupan mendarat di keningku, romantis banget baru kali ini aku di cium cowok. “eh iya, makasih kak, aku masuk dulu”. “ besok jangan telat ya”. “hehehe siap”
            “erely,tadi reza nungguin kamu hampir 2 jam baruaja pulang”,kata mama. Aku coba hubungin Reza tapi tidak aktif. Sejak itu Reza gak pernah maen ke rumah lagi. Pernah aku coba maen ke rumahnya tapi kata orang tuanya Reza lagi gak ada.
            Ujian udah seleseai.Malam minggu aku jalan dengan kak Dimas.seperti biasa kita makan malam. Pulangnya mama menyodorkan surat katanya Reza tadi ke ruma nyariin aku terus nitip surat.

            Erely, elo gak bisa nimpuk gue, jadi gue bebas panggil erely lewat sini
            Rel,mungkin udah 3 bulan kita gak ketemu. Lo lagi sibuk ya? Kok gak
            Cerita2 klo lo ada kegiatan?gimana ujiannya?waktu tu aku ngguin
kamu buat belajar bareng,tapi kamu lama, udah malem aku g enak
sama mama kamu, jadinya au pulang.
Erely,aku Cuma mau bilang , ayah aku pindah  tempat kerja dinas
di Bandung,jadi maaf kalau aku gak bisa nemenin kamu lagi,
kau g bisa nimpuk aku lagi, pasti kamu kangen deh di panggil ERELY
sama aku. Hehehe.
Erely, mungkin lo g perna nyadar,dari SMP guwe mesti perhatiin lo
di skolah, gue nemenin lo pulang jalan kaki, padahal gue bawa sepedah
gue bawain lo bekal makanan,gue nemenin lo pas lo sakit di rumah sakit,
pas SMA kita gak satu sekolah gue kecewa tapi gue masih tetep perhatiin lo
gue tiap pagi sama kayak waktu SMP nemenin berangkat sekolah n pulang sekolah bedanya sekarang kita pke mobil, gue takut lo kenapa-kenapa, gue cemas
pas lo sering ke warung bu warjo buat beli rokok,gue sering nemenn lo maen,meski bkin lo kesel terus,gue sering beljar bareng ma elo, gue mesti dteng pagi2 d dpan kamar lo klo minggu buat jogging, tp skr mungkin kita g bisa kyk dlu lg, gueikut ayah gue ke bandung, lo jangan nakal ya, gue mau jujur sama lo rasa perhatian gue buat lo tu soalnya gue SUKA sama lo, I LOVE U ERELY. Tapi percuma kalau aku Tanya elo mau apa gak jadi pacarku, elo sekarang kan uda ada temen baru, aku tau kok elo sama Dimas. Moga baek2 aja ya, jangan lupa ma gue.
           

                                                                                                                                    Eza



Kak Dimas sekarang uda lulus kuliah, dia balik ke Surabaya jadi jarang ketemu lagi. Tapi satu bulan sekali dia datang buat ketemu aku biasanya malem minggu. Tapi beda dengan malam minggu, kak Dimas udah janji mau jemput di rumah, tapi malam itu aku nunggu sampai jam 9 kak Dimas belum datang, aku khawatir, sampai-sampai aku terlonjak ketika handphoneku berbunyi dari kak dimas “iya kak,ada di mana? Aku uda nunggu dari tadi ini”.”maaf erely, ini  tante mamanya Dimas”.”oh iya tante, maaf”.”erely”,”iya tante”,terdengar suara mama Kak Dimas sesenggukan seperti orang menangis “Dimas”.””kenapa tante sama kak Dimas?”.”Dimas sudah tidak ada”.”maksud tante?”.”Dimas meninggal dunia”.”gak mungkin”,air mataku tak terbendung lagi,menetes tanpa di minta.
Kenapa harus begini jalannya? Kenapa semua harus meninggalkan aku? kenapa Kak dimas tega ninggalin aku?tega bikin aku nunggu tapi yang aku dapet malah kabar buruk..
Esoknya aku langsung ke Surabaya buat dating ke pemakaman kak Dimas, setelah pemakaman Mama kak Dimas bercerita banyak. Dan ternyata aku baru tahu,dari SMP kak dimas di vonis terkena leukemia, setiap hari Kak dimas harus rutin meminum obat dari dokter, jadi selama ini setiap kali ketemu di UKS kak Dimas minum obat untuk penyakitnya, tapi kenapa kak Dimas gak pernah cerita ke Erely?, kenapa kak Dimas diem aja?.sekarang kak Dimas tinggalin Erely sendiri!kenapa kak dimas gak mau cerita?
3 minggu lebih aku gak bisa ngelupain tentang kak Dimas, tetapi natta dan mama memberi aku semangat untuk tetap jalanin yang ada, sudah lama aku tidak masuk sekolah, aku gak mau Kak Dimas sedih liat aku di atas sana, aku mulai semangat untuk jalani semua.
Hari-hari aku jalanin, aku suka liat bayangan kak Dimas nemenin aku tersenyum. Tiba-tiba aku kangen sama eza, biasanya kalau aku ada masalah eza juga mau dengerin aku dan cari solusi. Sekarang yang aku punya Cuma Natta dan Mama yang selalu memberi semangat.
Hari ini aku masih tersenyum dengan bayangan kak Dimas yang mengikutiku, pulang sekolah aku menunggu jemputan mama karena mobilku lagi di bengkel, capek banget nunggu mama jemput lama, tiba-tiba di sampingku ada suara “ERELY”, ya itu Eza, aku langsung peluk dia dan pulang bersamanya sebelum naik mobil Eza aku sempat melihat Kak Dimas tersenyum sangat bahagia dan kemudian hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar