Minggu, 28 Oktober 2012

Permen.. Berbahayakah ??

Hello Guys 

sekarang aku akan membahas mengenai permen beserta manfaatnnya 


Kalian pasti pernah makan permen, mungkin permen mint, permen coklat, kopi, susu, atau permen seperti lolipop. Ada berbagai macam permen dengan warna, bentuk serta rasa yang berbeda beda. Sebenarnya apa sih arti dari permen itu ? 

Permen sebenarnya adalah gula yang dicairkan kemudian dicampur dengan berbagai macam bahan sehingga menghasilkan berbagai macam rasa. Permen disukai dari anak anak hingga dewasa. Permen ini sendiri memiliki berbagai jenis dari seluruh dunia :


Seiring dengan berkembangnya jaman maka berkembang juga dunia permen. Dulu permen pertama dibuat dengan memeras coklat kemudian dimasak dan ditambahkan gula yang dilakukan oleh Conrad J. Van Houten pada tahun 1828. Kemudian pada tahun 1869 Thomas Adams tidak sengaja memasukkan karet ke dalam mulutnya dan kemudian muncullah ide untuk  memberi rasa pada karet itu sehingga muncul permen karet. 6 Tahun setelahnya Henry Nestle seorang pembuat susu kental manis dan Danial Peter, pembuat coklat memadukan coklat dan susu menjadi satu dan mendirikan pabrik coklat susu pertama di dunia. Kemudian pada tahun 1908 lolly pop ditemukan dan terakhir pada tahun 1912 permen mint diciptakan oleh Clarence Crene karena  ingin memakai bahan lain selain coklat dan susu. Begitulah sejarah permen dari permen coklat pertama hingga penciptaan permen mint dan sampai sekarang pun permen terus berkembang dan memiliki berbagai macam rasa. 

Kenapa saya membahas mengenai permen karena kita (TEXAS) sedang giat giatnya memakan permen Relaxa untuk bisa pergi ke Singapura dengan mengumpulkan bungkus permen relaxa. Karena alasan itulah, saya akan membahas lebih dalam mengenai permen khususnya manfaat permen itu sendiri. 

Permen (dalam hal ini khususnya permen karet) memiliki berbagai macam manfaat yaitu diantaranya :

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah dapat menurunkan berat badan. Dengan sering mengunyah permen karet maka otot rahang Anda akan bergerak secara otomatis. Dampak dari gerakan rahang yang mengunyah permen karet akan dapat mengontrol rasa lapar. Dan berapa kalori yang berhasil dibakar dari kegiatan ini? Dalam satu jam Anda sudah dapat melenyapkan 11 kalori lemak dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat kedua dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah terjaganya kesahatan gigi dan rongga mulut. Gerakan Anda mengunyah permen karet akan mengeluarkan banyak air liur. Dan semakin banyak Anda memproduksi air liur maka hal itu sangat baik bagi kesehatan gigi dan rongga mulut Anda. Namun akan lebih baik lagi bila Anda mengunyah permen karet bebas gula.

3. Untuk mencegah asam lambung

Manfaat ketiga dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah meningkatkan motilitas usus. Kebiasaan mengunyah permen karet tentu saja meningkatkan volume air liur dalam mulut. Semakin banyak air liur dalam mulut maka akan membuat kita akan sering menelannya. Air liur yang tertelan kedalam perut dalam jumlah yang banyak akan mencegah terjadinya asam lambung.

4. Gigi putih bersinar

Manfaat keempat dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah membuat gigi Anda putih berseri dan rahang yang kuat. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan gigi kuning maka lakukan kebiasaan baik ini agar gigi Anda berubah menjadi putih bersih.

5. Nafas menjadi segar

Manfaat kelima dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah membuat napas Anda menjadi segar dan menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi.


(sumber : http://www.beragaminfo.com/2012/04/5-manfaat-permen-karet-bagi-kesehatan.html)

Selain itu bahan campuran di dalam permen seperti buah buahan juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan. Seperti coklat yang dipercaya bisa mencegah stroke. Sebuah penelitian oleh European Heart Journal menyimpulkan bahwa mengunyah permen coklat tiap harinya akan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke hingga 40 %. Hal ini dikarenakan oleh kandungan antioksidannya yang tinggi. Intinya adalah permen sangat berguna bagi kesehatan kita tapi memakan permen perlu ada batasannya dan perlu diimbangi dengan makanan yang sehat dan teratur agar kita semakin sehat.

SEMANGAT YA BUAT TEXAS, SEMOGA BISA MENANG...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar